20 Februari 2011

Mengatur Nomor Halaman Daftar Isi dan Isi - Ms Word

Oleh Android90 pada 20 Februari 2011  | 1 komentar




Saat membuat berbagai dokumen, ada kalanya kita memerlukan penggunaan page number. Cara untuk mengaktifkan page number memang mudah, yaitu pada menu insert lalu hanya perlu memilih page number serta berbagai atributnya. Permasalahannya adalah saat harus membuat format page number yang berlainan dalam satu dokumen. Contohnya adalah pada saat pembuatan laporan, pada halaman-halaman awal biasanya digunakan format nomor romawi kecil (i,ii,iii..), lalu saat menginjak isi laporan format penomoran diganti dengan angka norma (1,2,3,4..). Belum lagi ditambah dengan posisi nomor halaman yang berubah-ubah ada kalanya harus pada posisi tengah bawah dan ada pula yang harus diletakkan pada posisi kanan atas.
Untuk mengatasi hal tersebut Saya punya sedikit tutorial untuk menyelasikan masalah tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka dokumen word baru untuk mengetik Daftar Isi, setelah Daftar Isi selesai diketik, Pilih Tab Page Layout >> Breaks >> Next Page. Langkah ini dilakukan untuk membagi section.
  2. Setelah itu, mengetikan Isi Laporan.
  3. Setelah selesai mengetikan Isi Laporan, letakkan kursor di Daftar Isi lalu Pilih Tab Insert >> Page Number >> Format Page Number. Lalu atur Format nomor halaman.
     

  4. Setelah itu Pilih Page Number >> Bottom of Page >> Plain Number 2.
  5. Letakkan kursor ke Bagian Isi Laporan, atur Format nomor halaman Pilih Tab Insert >> Page Number >> Format Page Number kemudian Pilih Tab Insert >> Page Number >> Top of Page >> Plain Number 3.
  6. Pada dokumen, nomor halaman masih belum sempurna seperti yang diinginkan. Disitu terlihat nomor halaman (1 dan 2) berada di atas dan di bawah. Untuk mengaturnya Double Klik pada nomor halaman 1 >> Pilih Tab Design >> Centang Different First Page. Halaman tersebut menjadi kosong tanpa nomor halaman.

  7. Langkah berikutnya Pilih Tab Insert >> Page Number >> Top of Page >> Plain Number 3. Langkah ini untuk membuat nomor halaman.
  8. Langkah terakhir, Double Klik angka pada bagian bawah halaman 2 Isi Laporan. Lalu Pilih Footer >> Remove Footer.

Download Tutorial >> 






Semoga bermanfaat :D


DON'T FORGET TO COMMENT AND FOLLOW. THANK YOU FOR VISIT.. ^_^

Kategori : , , ,
Komentar
1 Komentar

1 komentar:

  1. makasih atas infonya. saya masih suka bingung kalo pake ms word... lebih sering pake notepad :P

    BalasHapus

    Jika Anda ingin menerima update RSS kami melalui email, cukup masukkan alamat email Anda di bawah ini lalu klik Langganan.

Teman

Networkedblogs

Kata Mutiara

Hak Cipta © 2009 - . Welcome - WP Theme-junkie di konversi oleh Bloggertheme9
Blogger template. Dipersembahkan oleh Blogger.
back to top