Software adalah :
1.Intruksi – intruksi ( computer program ), jika dieksekusi memberikan fungsi dan performance yang diinginkan.
2.Struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara tepat.
3.Dokumen deskripsi dari program dan penggunaannya.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
é Adalah suatu ilmu yang bersifat teknikal dan manajerial, untuk produksi dan maintenance software, dimana berfungsi untuk pengembangan modifikasi, estimasi biaya.
é Penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa dalam rangka mendapatkan software yang ekonomis yaitu software yang terpercaya dan bekerja efisien pada mesin ( komputer )
Karakteristik Perangkat Lunak
é Pembuatan PL berdasar logika ( meskipun berbeda-beda yang dibuat oleh orang lain, tapi hasilnya sama ).
é PL itu hasil pengembangan, bukan hasil produksi.
é PL tidak akan usang karena selalu diperbaiki.
Aplikasi Perangkat Lunak
1. System Software
Kumpulan program yang ditulis untuk membantu program lain.
2. Real Time Software
PL yang digunakan untuk mengukur / menganalisa / mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang sesuai dengan keinginan
3. Bussines Software
PL yang banyak digunakan dalam aplikasi bisnis.
4. Engineering and Scientific Software
PL yang digunakan dalam aplikasi teknik dan rekayasa.
6. Embedded Software
PL yang digunakan untuk mengontrol suatu proses dalam pabrik, biasanya disimpan dalam ROM.
7. Personal Computer Software
digunakan dalam aplikasi komputer mikro.
8. Artificial Intellegence Software
PL yang digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan
9. Web Aplication
Problem Dalam Pengembangan PL (Software Crisis)
é Estimasi jadwal dan biaya sering tidak akurat.
é Produktivitas dari orang-orang software tidak sepadan dengan permintaan untuk pelayanan mereka.
é Kualitas software kurang baik.
é Sulit dalam maintenance.
é Kualitas diragukan.
Langkah Kerja Software Engineering
1. Metode
metode yg digunakan untuk membuat / mengembangkan PL.
Meliputi :
Perencanaan proyek dan perkiraan, analisis keperluan sistem dan software, perancangan struktur data, arsitektur program, prosedur algoritma, coding, testing, pemeliharaan
2. Tools ( alat bantu )
Alat bantu yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan pengembangan / pembuatan PL.
Ex: Editor, debugger, compiler
3. Prosedur
é merupakan gabungan antara tools dan metode.
é Mendefinisikan metode yang dipakai.
é Mengontrol kriteria kualitas.
Daur Hidup Rekayasa Perangkat Lunak
1. Sistem Engineering
Pembuatan suatu PL merupakan bagian terbesar dari pengerjaan suatu proyek. Untuk pekerjaan dimulai dengan menetapkan segala hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek
2. Analysis
Merupakan tahap dimana system engineering menganalisa hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembuatan / pengembangan PL.
3. Desain
Merupakan tahap penerjemahan dari keperluan / data yang telah dianalisis ke dalam bentuk yang mudah dimengerti user.
4. Kode
Menerjemahkan data /pemecahan masalah yang telah dirancang kedalam bahasa pemrograman komputer yang telah ditentukan.
5. Testing
Uji coba terhadap program tersebut.
6. Pemeliharaan
PL yang telah selesai dibuat dapat mengalami perubahan / penambahan sesuai dengan permintaan user.
Prototipe
Adalah proses pembuatan model dari PL yang akan dibuat / dikerjakan sehingga pemakai dapat mengetahui hasil yang akan didapat.
Langkah - langkah :
- Requirement Gathering
Merupakan proses pengumpulan / analisis keperluan dari permasalahan.
- Quick Design
Merupakan proses pembuatan model / prototipe dari permasalahan ( dalam hal format pemasukan data dan bentuk laporan yang diharapkan.
- Build Prototipe
Mrpkan proses pembuatan model pemecahan masalah secara keseluruhan.
- Evaluate dan Refine ( evaluasi dan perbaikan )
Mrpkan evaluasi prototipe yang dibuat dan diperbaiki jika perlu.
- Product / Hasil
Mrpkan hasil prototipe yang dibuat dan telah disetujui oleh customer.
Tahapan Pengembangan PL
1.Perencanaan
• Scope
• Resources / Sumber daya ( Human, Hardware, Software )
• Biaya
• Schedule
2. Analysis
3. Design
4. Implementasi
5. Testing
6. Maintenance ( corrective, adaptive, prefective )
Rekayasa Sistem Berbasis Komputer
· Sistem adalah kumpulan dari elemen elemen ( sub sistem ) yang saling bekerjasama ( berinteraksi ) untuk mencapai tujuan yang sama.
· Elemen – elemen dalam sistem komputer
1.Perangkat keras
2.Perangkat lunak
3.Manusia
4.Database
5.Procedure
6.Dokumentasi
Beberapa Pertimbangan Dalam Computer System Engineering
1. Pertimbangan Perangkat Keras
Software Engineering harus mampu menentukan HW yang diperlukan dalam membangun perangkat keras.
- Jenis perangkat keras yang cocok unt pengembangan PL
- Biaya & kemampuan HW mudah ditentukan
- Interface antar komponen mudah dipadukan
HW mudah didapat
2. Pertimbangan Perangkat Lunak
- Elemen dalam computer based system terdiri dari aplication SW, system SW.
- Aplication SW merupakan implementasi sejumlah prosedur yang diperlukan untuk mengerjakan proses informasi.
System SW merupakan implementasi fungsi kontrol yang memungkinkan aplikasi PL dapat dihubungkan.
3. Pertimbangan Manusia
Agar mampu menjabarkan kebutuhan tenaga manusia dalam pengembangan PL. Unsur manusia bertanggung jawab terhadap pengembnagan, support, maintenance.
Klasifikasi User
1. Casual User
Pengguna awam dg karakter unik.
a.Jarang menggunakan
b.Tidak ada kemauan untuk mempelajari sistem lebih jauh
Orang awam : Top manajer ( bukan bid komp )
2. Novice User
Kelompok user ini hampir sama dengan casual user tapi memiliki frekuensi penggunaaan yang lebih sering.
Ex : Data entry operation ( DEO)
3. Intermediate User
a.Menguasai secara konsep maupun teknis suatu sistem
b.Sering menggunakan
Ex. Programmer
4. Expert User
- User yang sudah ahli konsep maupun teknis.
User ini juga mampu mengoptimalkan kerja suatu sistem dan juga mampu mengembangkan.
Jenis Inisiatif
· Dalam berdialog antara user dengan komputer selalu ada yang mengawali / berinisiatif, Jenisnya yaitu :
a.User Inisiatif
b.Komputer Inisiatif
c.Hybrid Inisiatif
http://www.adenpriyonggo.co.cc
0 Komentar