MINI SATA (mSATA)

Konektor SATA nampaknya akan memiliki keluarga baru lagi. Para enginer sudah mempersiapkan lanjutan atau keluarga baru dari SATA.
Apakah itu?


ORGANISASI resmi yang mengurusi tentang teknologi SATA, yaitu Serial ATA International Organization (SATA-IO) mengumumkan,saat ini sedang mengembangkan konektor terbaru dari keluarga SATA, yaitu mini-SATA (mSATA). Konektor ini diharapkan menjadi yang mampu mengefektifkan konektor SATA, diintegrasikan dengan perangkat-perangkat lain yang lebih kecil dan low-profile connectorcompact.
mSATA sendiri memiliki kecepatan yang tinggi dan realibilitas yang bagus sama dengan SATA interfcae standar. Sehingga kemampuan ini bisa diimplementasikan dalam beberapa storage solution untuk device yang berukuran kecil, seperti di dalam notebook dan netbook. mSaTA ini juga akan memiliki kompatibiltas untuk digunakan pada harddisk (HDD) maupun solid state drives (SSD). Dengan konektor mSATA, para produsen juga bisa menawarkan media penyimpanan yang berukuran lebih besar, namun tetap menghemat tempat. Penggunaan mSATA sendiri nantinya di prediksi akan banyak digunakan pada SSD dengan ukuran yang diperkecil sampai dengan seukuran kartu nama untuk diaplikasikan dalam PC portable, dimana penggunaan tempat dan penghematan biaya produksi menjadi yang terpenting didalam sebuah PC portable. mSATA sendiri sudah men-support transfer rate sebesar 1,5Gb/s dan 3.0 Gb/s, suatu pertukaran data yang cukup cepat saat ini.

Posting Komentar

0 Komentar